Thursday, November 8, 2012

4 Makanan Ini Bisa Menahan Lapar

Sebentar lagi puasa, bagai orang awam seperti siaba ini puasa itu yang terbersit adalah lapar. Padahal menurut Ustadz Somat (kata dhira) puasa bukan hanya sekedar menahan lapar saja. Ketika berpuasa baik puasa sunat atau puasa wajib di bulan Ramadhan disunatkan untuk makan sahur. Anak-anak yang masih belajar puasa ketahanan dalam menahan laparnya masih perlu bimbingan. Banyak cara dilakukan agar puasanya bisa finish sampai maghrib.

Salah satu triknya adalah menyajikan makanan sahur dengan makanan-makanan yang bisa menahan lapar lebih lama. Menurut penelitian makananan-makanan berikut ini mempunyai kemampuan dalam menahan lapar sehingga kenyang menjadi lama.
1.Telur
Menurut Shelley McGuire, PhD, juru bicara American Society for Nutrition, makan telur bisa menahan lapar lebih lama. Karena kandungan protein dalam telur cukup tinggi yaitu sekitar 6 gram. Seperti yang diketahui protein bisa menahan lapar lebih lama. Makan telur rebus sebagai teman nasi ketika sahur membuat tubuh lebih berenergi.
2.Buah Alfukat
Buah yang satu ini memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang membuat perut kenyang lebih lama. Serat yang tinggi pada alfukat memperlambat proses perut dalam mengosongkan dirinya. Mengkonsumsi buah ini sebagai penutup makan sahur boleh dicoba agar tubuh lebih fit ketika berpuasa.
3.Kacang-kacangan
Kandungan karbohidrat dan lemak yang terdapat pada kacang-kacangan sangat baik untuk tubuh. Kandungan karbohidrat kompleks yang tinggi pada kacang-kacangan menjadikan perut mengurainya lebih lama. Efeknya perut menjadi kenyang lebih lama.

4.Oatmeal

Makan sahur kesiangan...? makan saja Oatmeal. Oatmeal berukuran 3 gram mengandung protein 4-7 gram. Anda bisa mencampur dengan susu dan buah-buahan.

Makan sahur dengan mengkonsumsi makanan tadi hanya sarana lahiriah dalam mensupport ketika berpuasa. Keimanan dan ketaqwaan seorang muslim yang berperan penting finish atau tidaknya puasa hingga lebaran.

No comments:

Post a Comment