Wednesday, January 30, 2013

9 Jenis Imunisasi yang mungkin Belum Kamu Ketahui

Terdambakan - Imunisasi adalah pemberian kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit dengan memasukkan sesuatu ke dalam tubuh agar tubuh tahan terhadap penyakit yang sedang mewabah atau berbahaya bagi seseorang. Imunisasi berasal dari kata imun yang berarti kebal atau resisten. Imunisasi terhadap suatu penyakit hanya akan memberikan kekebalan atau resistensi pada penyakit itu saja, sehingga untuk terhindar dari penyakit lain diperlukan imunisasi lainnya.

Berikut 9 Jenis Imunisasi yang mungkin Belum Kamu Ketahui:

1.Imunisasi BCG
Terdambakan - Untuk ketahanan terhadap penyakit TB (Tuberkulosis) berkaitan dengan keberadaan virus tubercle bacii yang hidup didalam darah. Itulah mengapa agar memiliki kekebalan aktif, dimasukkan jenis basil tak berbahaya ini ke dalam tubuh, alias vaksinasi BCG (Bacillus Celmette-Guerin).

2.Imunisasi Hepatitis B
Terdambakan - Sesuai namanya, imunisasi ini untuk mencegah penyakit hepatitis B. Pertama kali diberikan segera setelah bayi lahir. Yang kedua kalinya saat berusia 1-2 bulan. Dan yang terakhir, saat berusia 6-18 bulan.

3.Imunisasi Polio
Terdambakan - Imunisasi polio akan memberikan kekebalan terhadap serangan virus polio. Kalo ga dicegah, bisa-bisa agan jadi lumpuh.

4.Imunisasi DTP
Terdambakan - Dengan pemberian imunisasi DTP, diharapkan penyakit difteri, tetanus, dan pentusis, menyingkir jauh dari tubuh si kecil. Imunisasi DTaP diberikan saat anak berusia 2 bulan, 4 bulan, 6 bulan, 15-18 bulan, dan 4-6 tahun.

5.Imunisasi Campak
Terdambakan - Sebenarnya bayi sudah mendapatkan kekebalan campak dari ibunya . Namun seiring bertambahnya usia, antibodi dari ibunya semakin menurun sehingga butuh antibodi tambahan lewat pemberian vaksin campak.

6.Imunisasi MMR
Terdambakan - Measles Mumps Rubella, yang berfungsi anak dari campak, gondok, dan rubella. Imunisasi MMR diberikan melalui dua kali suntikan, yaitu saat usia 12-15 bulan dan usia 4-6 tahun.

7.Imunisasi Varicella
Terdambakan - Imunisasi ini diberikan untuk mencegah penyakit cacar air. Imunisasi varicella diberikan melalui suntikan saat usia 12-15 bulan.

8.Imunisasi PVC
Terdambakan - Imunisasi dengan nama lain Pneumococcal Conjugate Vaccine berfungsi melindungi anak dari risiko terkena pneumonia, infeksi dalam darah, dan meningitis. Imunisasi PCV diberikan saat anak berusia di bawah dua atau lima tahun.

9.Imunisasi Rotavirus
Terdambakan - Imunisasi ini berfungsi mencegah diare hingga dehidrasi pada anak terutama pada bayi. Imunisasi diberikan pada anak usia 2-4 bulan

No comments:

Post a Comment