Thursday, November 29, 2012

7 Kebiasaan Sebelum Tidur yang Merusak Jadwal Tidur Anda

Facebook, buku, dan menghitung domba melompati pagar bisa menjadi pengganggu besar menuju tidur. Mengapa demikian?

Berikut ini 7 kebiasaan sebelum tidur yang merusak tidur menurut Shine.

1. Bawa buku ke ranjang
Membaca sebelum tidur mungkin kebiasaan buat sejumlah orang. Masalahnya, badan Anda sangat mungkin disesuaikan dengan rutinitas itu sehingga tak beristirahat sampai beberapa bab selesai dibaca. Pindahlah ke sofa nyaman atau tepi jendela untuk mendukung kesukaan membaca. Tempat tidur seharusnya bukan buat hal lain selain bobok (dan aktivitas intim buat suami istri).

2. Berubah dari burung hantu jadi burung dini hari
Siapa bilang waktu tidur teratur hanya untuk anak-anak? Ekstra hati-hati dalam mengatur jadwal tidur Anda, terutama saat akhir pekan. Tubuh merespons hal-hal rutin. Kalau waktu tidur Anda berubah terus–beberapa malam pukul 11 malam, malam lainnya pukul 1 pagi–pikiran Anda tak cukup siap untuk waspada pada hari-hari yang bukan akhir pekan.

3. Facebook sampai jam ngantuk
Tingkat kecerahan layar monitor komputer Anda menstimulasi otak. Juga, pikiran Anda akan sulit berhenti merisaukan daftar yang harus Anda lakukan di dunia digital, bahkan setelah Anda meninggalkan komputer itu. Hindari berselancar dunia maya saat malam dan matikan komputer Anda. Beri waktu istirahat buat pikiran Anda tanpa peralatan elektronik.

4. Irit buat ranjang bagus
Kasur yang bagus akan membuat Anda merogoh kocek yang lumayan dalam. Anggaplah itu jumlah yang layak Anda hamburkan. Kasur yang bagus akan memberikan tidur yang berkualitas. Hal serupa juga berlaku untuk seprai dan bantal yang berkualitas. Pilih bantal empuk, baik kalau Anda suka tidur telentang atau tengkurap. Beli bantal yang lebih keras kalau Anda lebih suka tidur miring.

5. Memasang jam bercahaya
Cahaya redup, jangankan yang menyilaukan, dari jam dapat mengganggu saat Anda mencoba tidur. Usahakan kamar tidur segelap mungkin. Tutup angka jam yang bercahaya itu atau mungkin juga Anda perlu membeli jam kecil.

6. Hitung domba
Kalau tak kunjung bisa tidur, tetap di tempat tidur takkan berguna. Bila sudah 30 menit mencoba tidur, disarankan Anda melakukan sesuatu seperti memeriksa keuangan, membaca atau menonton televisi. Aktivitas yang membutuhkan kerja otak yang standar akan menenangkan pikiran. Sebelum

7. Berolah raga larut malam
Olah raga harian akan membuat Anda segar selama berjam-jam. Itulah kenapa Anda tak membutuhkan olah raga selama tiga jam. Aktivitas fisik yang intens meningkatkan suhu badan dan memompa level energi. Keduanya merusak transisi lembut menuju tidur.

No comments:

Post a Comment