Monday, February 18, 2013

5 Tips Cara Menyeimbangkan Waktu Pribadi dan Pekerjaan

Terdambakan - Setiap orang memiliki berbagai peran dalam hidupnya, mulai dari peran sebagai anak, ibu atau ayah, anggota masyarakat, karyawan, dan lain sebagainya.

Namun tidak jarang kita temui, orang-orang yang sukses dalam satu peran, belum tentu sukses juga di peran yang lain. Misalnya saja, dia seorang pimpinan perusahaan yang hebat, tapi rumah tangganya berantakan.

Nah, bagaimanakah cara yang paling tepat untuk bisa menyeimbangkan waktu pribadi dan kesibukan Anda?

1. Pandailah membuat skala prioritas
Misalnya saja, ketika kita berada di tempat kerja, maka optimalkan peran Anda sebagai karyawan. Namun, saat berada di rumah, maka berperanlah sebagai anggota keluarga yang baik.

2. Berilah waktu untuk orang-orang yang Anda cintai
Sebelum Anda menyesal di kemudian hari, maka berilah perhatian pada orang-orang yang kita cintai. Jangan kalahkan kepentingan mereka dengan target-target kesuksesan yang Anda buat. Karena, sesungguhnya energi cinta dari merekalah yang tetap membuat Anda tetap semangat untuk meraih sukses itu sendiri.

3. Jangan pernah lupa memanjakan diri!
Sesibuk apa pun Anda, sesekali memanjakan diri sendiri tidak ada salahnya. Memforsir diri terlalu berlebih akan mengantarkan kita pada stres bahkan depresi. Jangan lupa luangkan waktu untuk diri sendiri. Dengarkan musik, berolahraga, pergi ke salon, membaca buku, lakukan apa yang Anda senangi dan positif akan merilekskan diri Anda.

4. Buatlah perencanaan dengan realistis
Setiap kita pastinya menginginkan sukses dengan segera. Namun, berusahalah untuk tetap realistis. Jika Anda memiliki 10 prioritas pencapaian pada satu hari, maka jika terpenuhi 3 teratas saja itu sudah cukup baik.

5. Penghargaan pada diri sendiri
Apa pun yang sudah Anda pilih dalam hidup Anda, maka itulah yang terbaik. Anda tidak perlu menyesali, meski itu kegagalan. Justru, kita bisa belajar banyak dari kegagalan, dan tahu cara melakukan segalanya dengan lebih baik.

No comments:

Post a Comment