Monday, February 25, 2013

5 Upaya Pensucian Diri yang di Lakukan PKS

Tidak ingin terpuruk lebih jauh usai penetapan tersangka Luthfi Hasan Ishaaq pada kasus suap impor daging sapi, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjalankan sejumlah rencana strategis dalam waktu singkat.

Seperti penetapan Anis Matta sebagai presiden menggantikan Luthfi Hasan. PKS memberlakukan situasi darurat, sehingga aturan baku penunjukkan presiden harus disingkirkan.

Mekanisme penetapan Presiden PKS hanya melalui persetujuan Ketua Majelis Syuro, Ketua Dewan Syuro, Presiden PKS, Ketua Majelis Pertimbangan Partai, Bendahara Umum, dan Sekretaris Jenderal.
Apa saja upaya 'penyucian diri' yang dilakukan PKS, setelah terbongkarnya kasus suap impor daging sapi?

1. Tempuh jalur khusus lantik Anis Matta jadi Presiden PKS
Anis Matta dipilih dalam rapat Dewan Pimpinan Tingkat Pusat selama dua hari yang dilakukan di Lembang Bandung dan di Kantor DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan.

"Menetapkan Muhammad Anis Matta untuk menjabat sebagai Presiden PKS, dan menetapkan Muhammad Taufik Ridho sebagai Sekjen," ujar Ketua Dewan Syuro PKS Hilmi Aminuddin di Kantor DPP PKS Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan,
 
2. PKS serukan seluruh kader tobat korupsi

Tidak lama setelah ditetapkan sebagai Presiden PKS, Anis Matta segera membuat satu agenda utama yaitu taubat nasional.

"Agenda pertama kita adalah melakukan pertobatan nasional bersama seluruh pengurus dan kader PKS," kata Anis saat konferensi pers di Kantor DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan,

Menurut dia, gerakan pertobatan nasional ini merupakan langkah yang harus dilakukan untuk membenahi sistem pemerintahan.

Tidak hanya itu, pertobatan juga dapat menyempurnakan kerja keras kader selama ini.

3. Ubah kebiasaan nginap di hotel jadi di rumah warga

Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Jawa Timur menginstruksikan kepada semua legislatornya, untuk menginap di rumah penduduk ketika sedang menggelar reses.

"Ini diinstruksi bagi semua anggota dewan dari Fraksi PKS se-Jatim. Tidak hanya reses, bahkan untuk sosialisasi sekali pun harus menginap di rumah penduduk, bukan di penginapan apalagi hotel," kata Ketua DPW PKS Jawa Timur, Hamy Wahjunianto,

Hamy menegaskan, karena bersifat instruksi resmi dari partai, pihaknya mengimbau ke 80 legislatornya yang ada di DPRD kabupaten/kota se-Jawa Timur serta tujuh legislator di DPRD Jawa Timur, agar mematuhi instruksi tersebut.

4. Berjanji menambal sistem partai

Usai dilantik sebagai Presiden PKS, Anis Matta berjanji untuk membenahi dan merestrukturisasi sistem organisasi partai selama ini.

"Dari ruangan ini pula (DPP PKS) akan kita mulai kerja kita dan membenahi negara ini. Kita yakin semua bisa," kata Anis sesaat setelah dilantik jadi Presiden PKS.

5. Mengawal penegakan hukum untuk koruptor

Usai Luthfi Hasan ditetapkan sebagai tersangka suap impor daging sapi, PKS berjanji akan mengawal kasus tersebut. PKS berkomitmen memantau kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), untuk mewujudkan penegakan hukum.

"Kami juga akan mengontrol KPK terkait seluruh proses ini, dan membaca kemungkinan terjadinya proses politisasi dalam kasus hukum yang akan berlangsung ke depan," kata Anis.

No comments:

Post a Comment