Thursday, December 6, 2012

10 Universitas Ilmu Komputer Terbaik di Dunia

Quacquarelli Symonds, sebuah perusahaan terkemuka yang bergerak diberbagai bidang pendidikan telah menganalisis Ranking QS World, yaitu rangking internasional yang memeringkatkan universitas di seluruh dunia secara keseluruhan atau per-jurusan.

Berikut ini merupakan daftar rangking universitas yang menyelenggarakan jurusan ilmu komputer terbaik di dunia pada tahun 2012 menurut QS Worl University Rankings.
1. Massachusetts Institute of Technology (MIT)-AS
Universitas dengan predikat kelas dunia dibidang teknologi ini didirikan pada tahun 1861 dan telah mencetak alumnus yang terkenal dan sekitar 20 diantaranya dapat memenangkan nobel. Perdana Menteri Israel Benjamin Nentanyahu dan Menteri Luar Negeri Inggris, David Milliband merupakan alumni dari MIT yang berkiprah di bidang politik.

2. Standford University-AS
Universitas yang terletak di AS ini menempati peringkat kedua setelah MIT sebagai universitas ilmu komputer terbaik di dunia. Universitas ini terkenal dengan riset-riset yang dilakukan oleh para akademisinya, selain itu juga telah memenangkan 115 medali olimpiade. Prestasi bergengsi lainnya adalah dapat meraih 17 penghargaan nobel.

3. Carnegie Mellon University-AS
Univesitas ini didirikan pada tahun 1900 oleh Andrew Carnegie. Dalam perjalanannya, universitas ini menjadi semakin berkualitas dari tahun ke tahun dan kini menjadi salah satu universitas favorit di Amerika Serikat. 
4. University of California, Berkeley-AS
Universitas yang berdiri pada tahun 1868 ini menempati peringkat ke-4 sebagai universitas ilmu komputer terbaik di dunia. 7 alumnusnya dapat meraih penghargaan nobel dan penghargaan bergengsi lainnya.
5. Harvard University-AS
Universitas tertua di Amerika Serikat ini didirikan pada tahun 1636. Kualitasnya tak dapat diragukan lagi, universitas ini kerap kali menempati urutan tertinggi sebagai universitas terbaik sedunia. 3 presiden AS merupakan lulusan dari universitas ini, yaitu Theodore Roosevelt, John F Kennedy dan Barack Obama.
6. University of Oxford-Inggris
Universitas kelas dunia ini diketahui berdiri pada tahun 1096. Merupakan universitas tertua di Inggris, bahkan di dunia.
7. University of Cambridge-Inggris
Universitas terbaik di Inggris bersama Oxford University ini didirikan pada tahun 1209 dan termasuk universitas tertua di dunia. Sepanjang sejarah universitas ini, akademisinya mendapat 80 penghargaan nobel. Alumnus yang paling terkenal adalah ilmuwan yang mengungkap gaya gravitasi bumi, yaitu Isaac Newton. 
8. ETH Zurich (Swiss Federal Institute of Technology)-Swiss
Universitas yang berdiri pada tahun 1854 ini termasuk universitas yang paling baik di Eropa daratan. 21 alumnusnya telah berhasil mendapatkan penghargaan nobel, bahkan salah satu alumnusnya menjadi ilmuwan terkenal di dunia, yaitu Albert Einstein.
9. National University of Singapore-Singapura
Universitas yang letaknya tak jauh dari Indonesia ini menempati peringkat ke-9 sebagai kampus ilmu komputer terbaik di dunia. Dalam perjalanannya, kampus ini memang selalu menempati peringkat atas kampus yang berkualitas di dunia.
10. Princeton University
Universitas yang berdiri pada tahun 1783 ini mempunyai mahasiswa sekitar 7.000 mahasiswa dan dari sekian banyak alumnusnya, 35 diantaranya mendapat penghargaan nobel. Dari keterangan tersebut dapat diketahui bahwa universitas yang berada di negara Paman Sam ini kualitasnya memang luar biasa.

No comments:

Post a Comment