Wednesday, December 5, 2012

8 Tempat Wisata Suci yang Menakjubkan

1. Gunung Parnassus, Yunani
Menjulang di atas Delphi di pusat kota Yunani, gunung kapur ini sangat menonjol dalam mitologi Yunani. Selain menjadi suci untuk dewa Apollo, yang sering mengunjungi Oracle terdekat di Delphi, gunung dianggap sebagai tempat kelahiran karya seni puisi dan lagu-lagu.

2. Pohon Mahabodhi, India 
Menurut tradisi Buddha, sekitar 500 SM, ketika Siddhartha mengembara melewati Bihar, india, ia beristirahat di bawah pohon bodhi.

Setelah bermeditasi di sana selama tiga malam, Siddharta terbangun dengan pencerahan atas jawaban yang telah ia cari, yang berkembang menjadi ajaran-ajaran yang kemudian menyebar ke murid-muridnya. Kini tempat Pohon Bodhi ini berdiri adalah salah satu situs paling suci bagi umat Buddha dan telah menjadi tujuan ziarah utama selama berabad-abad.

 Saat ini, kompleks candi mengelilingi apa yang dipercayai oleh penduduk setempat sebagai buah dari Pohon Bodhi, yang berdiri di tengah halaman, dikelilingi oleh panel pelindung.

3. Gunung Sinai, Mesir
Beberapa kepercayaan dan cerita agama meyakini tempat ini merupakan tempat dimana Musa menerima Sepuluh Perintah dari Tuhan. Meskipun tidak ada bukti arkeologi banyak yang menyatakan ini sebagai tempat yang tepat,namun para biarawan Kristen mendirikan biara-biara beberapa di daerah tersebut. Hari ini, pengunjung dapat megnunjungi Biara St Catherine di dasar gunung, kemudian naik ke puncak, terdapat Kudus Trinitas kapel kecil yang menyajikan pemandangan indah saat matahari terbit.

4. Vortexes, Arizona 
Sedona, Arizona , telah lama menarik orang yang tertarik dalam penyembuhan, spiritualitas, mistisisme, dan metafisika, yang datang untuk menikmati lebih dari sekedar keindahan dramatis tempat ini. Daerah ini terkenal dengan pusaran nya, pusat kuat dari energi kinetik yang dapat memiliki efek mendalam pada orang-orang yang mengunjunginya. Tempat ini kerap dijadikan pusat meditasi, terutama oleh penduduk asli Amerika.

5. Danau Atitlan, Guatemala
Terletak di dataran tinggi Guatemala dan berbatasan dengan tiga gunung berapi, Danau Atitlan adalah danau terdalam di Amerika Tengah. Selain dengan keindahan alamnya, danau ini juga terkenal dengan desa-desa Maya yang mengelilinya,yang telah ada selama berabad-abad. Tepi danau juga berserakan dengan situs arkeologi dan reruntuhan kota Spanyol, termasuk Chiutinamit,yang dipercaya sebagai kota bawah air.

 6. Danau Crater, Oregon
Dibentuk hampir 8.000 tahun yang lalu setelah letusan dahsyat yang diduga disebabkan erupsi Gunung Mazama, Danau air tawar berwarna biru jernih ini adalah danau terdalam di Amerika Serikat, dan terdalam ketujuh di dunia. Suku asli Amerika Klamath telah lama menganggap danau ini sebagai situs suci. legenda mereka mengatakan Gunung Mazama meledak karena adanya pertempuran antara manusia langit dan manusia bumi.

7. Gunung Kailas, Tibet
Gunung hitam di bagian barat Tibet ini adalah tempat suci bagi agama Buddha dan Hindu, serta dipercaya sebagai pusat dari alam semesta. Umat Hindu percaya gunung ini adalah kediaman Dewa Siwa dan tanah kebahagiaan kekal,sedangkan umat Buddha mengatakan gunung ini adalah rumah Buddha Demchog, yang melambangkan kebahagiaan tertinggi

8. Cenote Sagrado, Meksiko
Bangsa Maya kuno menganggap danau ini adalah representasi dari Chac, dewa Hujan. Banyak daerah di Meksiko yang dihiasi dengan cenotes - lubang-lubang pembuangan bawah tanah alami - dan Maya percaya bahwa beberapa dari situs ini dikunjungi oleh Chac sendiri. Akibatnya, beberapa cenotes ditunjuk sebagai "tempat suci untuk persembahan, dan pengorbanan, sementara yang lainnya disisihkan untuk mandi, minum, dan air tanaman. Salah satu yang paling penting dari mata air suci adalah Cenote Sagrado, yang terletak dekat situs arkeologi Chichen Itza di Semenanjung Yucatan. Dibuat dari sebuah gua batu kapur alami, dengan sisi-sisi curam peregangan sekitar 60 meter di atas garis air, Cenote ini secara khusus digunakan untuk upacara dan pengorbanan.
Sumber

No comments:

Post a Comment