Thursday, December 6, 2012

8 Danau di Bawah Tanah

1. Danau Yucatan
Di tengah hutan yang lebat di semenajung Yucatan, Meksiko, di luar dugaan tersebar ribuan “kolam kristal” yang misterius.

Peneliti asal AS dan penjelajah melakukan penyelidikan terhadap sejumlah lubang sambil membawa tabung oksigen, lampu kedap air dan peralatan bawah air lainnya. Dari penyelidikan itu diketahui bahwa sesungguhnya “kolam kristal” ini adalah lubang batuan yang terbentuk dari gamping (batu kapur) yang terkikis air hujan permanen. Dan oleh karena air hujan disaring batu kapur sejenis bunga karang, maka air kelihatan sangat jernih dan bening, dan tampak seperti terbuat dari kristal.

Para penyelam petualang merasa seolah-olah melayang di angkasa ketika berenang di dalam air bawah tanah tersebut. Kolam-kolam kristal ini yang dangkal ada yang kedalamannya mencapai 1 meter lebih, sedangkan yang dalam tidak berdasar. Mereka pernah menyelami sebuah lubang bawah tanah, hingga di kedalaman 160 meter anehnya tetap saja tidak bisa sampai ke dasar.

Dalam keyakinan spiritual bangsa Maya, kubang-kubang ini juga merupakan tempat tinggal Dewa Hujan, sama seperti Istana Naga dalam legenda Tiongkok. Bangsa Maya mengandalkan mereka guna bersujud untuk memohon hujan. Bangsa Maya beranggapan, bahwa hujan di langit adalah hasil kunjungan Dewa Hujan, hanya dengan mempersembahkan “hadiah”, dewa hujan baru bisa hadir. Mereka memasukkan barang perhiasan ke dalam lubang, bahkan akan memilih gadis cantik dan diterjunkan ke dalam air, dengan maksud menyenangkan Dewa Hujan.

2. Danau Luray Caverns
Sungai bawah tanah yg terletak di Luray Caverns, Virginia. Efek pantulan air nya di langit2 gua mirip dengan pantulan emas. 
3. Danau Gua Banff
Danau bawah tanah ini yg terletak di Banff, Kanada.
4. Danau Melissani
Lokasinya dekat dengan perkemahan Karavomilos, 1 KM dari desa Sami, di kepulauan Kefalonia, Yunanu. Danau Melissani Lake dalah salah satu danau paling spektakuler di dunia ini. Ditemukan pada tahun 1953, terjadilah gempa bumi yang mengakibatkan atap dari dinding gua runtuh, namun malah menimbulkan efek pantulan sinar matahari yang menakjubkan ke arah dinding-dinding gua dimana di bawah gua terdapat danau indah yang kemudian dinamakan Danau Melissani.Suhu di luar gua adalah 100F, namun di dalam kedaan selalu dingin dan lembab. Di luar danau, akan ada boat-boat yang menunggu untuk mengantarkan anda berkeliling di dalam gua.
5. Cheddar Gorge
Cheddar gorge adalah sebuah deretan pegunungan batu di UK. Dua buah gua utama yang dibuka kepada umum adalah Gough’s Cave dan Cox’s Cave. Di dalam gua terdapat stalaktit dan dan stalagnit yang membentuk kumpulan air dan menjadi sungai.
6. Hamilton Pool Preserve, in Austin, Texas,
Danau bawah tanah ini dijadikan kolam renang alami yg terletak di Austin, Texas bernama Hamilton. Terbentuk karena atap gua yang runtuh, sehingga membentuk kolam renang alami ini. Jika hujan lebat terjadi, maka air terjun setinggi 45ft akan jatuh dari puncak gua hingga ke daratan. Wow memberikan pemandangan yang keren abis klo lagi mandi.
7. Danau Gua Lechuguilla
Gua Lechuguilla, di Carlsbad Caverns National Park, New Mexico. Adalah gua terpanjang kelima di dunia ini, dimana panjangnya mencapai 120 miles (193 km) dengan kedalaman 489 metres (1,604 ft), membuatnya menjadi danau terdalam di Amerika Serikat.
8. Reed Flute Cave di Guilin, China.
Ditemukan periode pemeintahan Dinasti
Tang, sekitar 1,300 tahun yang lalu.

No comments:

Post a Comment