Thursday, January 10, 2013

Unik Rumah ini Bisa Berubah Bentuk Sesuai Musim

Ada rumah yang di desain khusus untuk iklim dingin. Rumah ini dirancang untuk menjaga agar udara dalam rumah tetap hangat.

Namun ada juga rumah yang dirancang khusus untuk iklim panas di mana arsitektur dibuat agar udara dapat masuk dan memberi hawa dingin di rumah.

 Namun tidak ada rumah yang dirancang khusus untuk bisa bertahan dan nyaman di kedua cuaca tersebut.

Terinspirasi oleh hal tersebut seorang arsitek menciptakan rumah lipat “‘metamorphosize” yang bisa berubah menjadi delapan konfigurasi yang berbeda untuk beradaptasi dengan kondisi udara, meteorologi dan bahkan astronomi.
Misalnya, saat musim panas, satu kamar tidur menghadap ke timur dan menyaksikan matahari terbit. Selanjutnya dapat memutar sehingga pengguna terus-menerus di bawah sinar matahari, sementara rumah menghasilkan energi melalui panel surya.

Rumah revolusioner ini didasarkan pada karya seorang matematikawan pada awal abad 20 yang menemukan cara untuk membedah persegi dan mengatur ulang bagian-bagiannya menjadi sebuah segitiga sama sisi.

Fleksibilitas rumah memungkinkan adaptasi dari musim dingin ke musim panas dan malam hari dengan bergerak sendiri.
Tebal dinding eksternal yang berat terungkap ke dinding internal memungkinkan kaca dinding internal untuk menjadi fasad, pintu dapat menjadi jendela, dan sebaliknya.

Tata letak terdiri dari dua kamar tidur, ruang tamu terbuka dan kamar mandi, tetapi juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Rumah yang luar biasa adalah gagasan dari arsitek Inggris David Grunberg dan Daniel Woolfson.
Sumber

No comments:

Post a Comment