Friday, January 18, 2013

10 Sekolah Indah dengan Tema Ramah Lingkungan di Dunia

10 Sekolah Indah dengan Tema Ramah Lingkungan di Dunia
Konservasi dan pelestarian sumber daya alam dan lingkungan adalah pelajaran yang tidak hanya untuk orang dewasa tetapi anak-anak juga perlu belajar dengan cepat. Kini, desainer telah mendesain beberapa kompleks dengan konsep penghijauan dan sekarang telah meningkat upaya untuk perancangan ruangan kelas yang ramah lingkungan. Sehingga sekolah dapat mengajarkan tentang penghijauan di lingkungan yang hijau.

Berikut adalah daftar 10 sekolah tersebut dan kelas dimana siswa dapat dipersiapkan dengan cara yang berkelanjutan,dikutip dari berbagai sumber:

1.Group Phi's Sustainable Military School for Girls
Group Phi's Sustainable Military School for Girls
Dikembangkan oleh Group Phi, sekolah yang berkesinambungan ini telah dibangun di Pune, Maharashtra, India. Sekolah ini merupakan sekolah militer pertama untuk anak perempuan di India dan pembangunan secara berkelanjutan sebagai salah satu kriteria utama. Gedung ini menyediakan ruang belajar yang mencakup 720 siswa dan terdapat juga ruang untuk kegiatan yang lain. Bagunan ini juga dilengkapi dengan sistem daur ulang air limbah menjadi air bersih.

Halaman depan ditutupi dengan lembaran-lembaran polikarbonat, yang melindungi koridor dari curah hujan. Dan dengan bantuan cahaya matahari, bagunan ini dapat menghemat energi yang dibutuhkan untuk menerangi interior. Dengan menggunakan bahan-bahan alami, sekolah ini menjadi sangat nyaman dan menjaga siswa agar dekat dengan alam.

2.Pugh + Scarpa Architects’ Animo Leadership High School
Pugh + Scarpa Architects’ Animo Leadership High School
Dirancang oleh Pugh dan Arsitek Scarpa untuk Animo Leadership High School. Sebelah selatan bangunan terdapat 650 panel surya yang akan mengurangi emisi karbon lebih dari 3jt pound.
Pugh + Scarpa Architects’ Animo Leadership High School
Bentuk visual yang berbentuk segi dan berpagar garis layar, membuat sekolah dan masyarakat seolah-olah terkoneksi, dan modulasi cahaya untuk melindungi bangunan dari pemanasan akibat cahaya matahari. Pane surya di bangun pada bagian yang kelihatan berupa pagar garis pada bangunan dan terdapat panel tambahan pada bagian atap bangunan.

3.Kita Design’s Sun-powered Tree-top Classrooms
Kita Design’s Sun-powered Tree-top Classrooms
The Elleray Preparatory School di Inggris memiliki fitur yang unik dimana ruangan kelas bernuansa hutan yang dirancang oleh Robert Gaukroger of Kita Design Company.
Kita Design’s Sun-powered Tree-top Classrooms
Dibangun dalam bentuk polong mandiri, dan kelas di buat dari bahan daur ulang yang juga dapat menghasilkan tenaga surya untuk penerangan. Setiap unit dibangun dari kayu berbentuk kerangka bersiku di atas punggung pohon cemara Douglas, dan ditutup dengan papan kastanye Inggris.

4.Mikou Design Studio’s Docks School
Mikou Design Studio’s Docks School
The Docks School telah dirancang dan akan dibangun di Saint Ouen, Perancis oleh Mikou Design Studio. Pengembangan bangunan ini akan terlihat pada atapnya, dimana terdapat ruang pemisah antar bangunan.
Mikou Design Studio’s Docks School
Kebun pembibitan dan sekolah primer dilindungi oleh kanopi sarat dengan panel photovoltaik, yang membentuk sudut 30 derazat agar penyerapan sinar matahari bisa maksimal. Setiap panel dibatasi dengan metal yang solid untuk menghindari bayangan yang diakibatkan oleh panel.

5.Project FROG’s modular classrooms
Project FROG’s modular classrooms
Dikembangkan oleh Project FROG, kelas modular ini dilengkapi dengan 60 panel surya untuk mengurangi biaya listrik sampai dengan 0 dan menyediakan energi lebih untuk keperluan setiap bangunan.
Project FROG’s modular classrooms
Ruangan dengan model 3500 sqf telah dibangun di Watkinson School, dengan waktu pengerjaan sekitar 6 bulan.

6.3DReid’s RotatED
3DReid’s RotatED
The RotatED telah dikembangkan dengan konsep Blue Forest, dan dapat diputar ke salah satu dari tujuh sisi untuk menciptakan suasana terbuka dengan beberapa area aplikasi.
3DReid’s RotatED
The RotatED disediakan sama seperti base penyimpanan dasar fitur-fitur yang dapat dipilih dari hasil panel pfotovoltaik bagi sekolah.

7.Arkhefield’s Creative Pavilion
Arkhefield’s Creative Pavilion
The Creative Pavilion by Arkhefield Architecture tidak hanya membutuhkan kelembagaan standart yang sudah ada, tetapi membuatnya selalu berkembang. Gagasan di balik bangunan itu untuk merangsang nilai-nilai sosial dan pembelajaran di sekolah melalui kontras dan ada spasi.
Arkhefield’s Creative Pavilion
Ruang dalam gedung cukup untuk rumah enam ruang kelas atau bahkan sebuah konser sekolah. Rancangan sederhana bangunan tidak hanya membuat bahan konstruksi untuk minimum, tetapi juga meminimalkan biaya lingkungan dalam hal ampas bangunan dan penggunaan energi. Bangunan in imemiliki space yang terbuka, sehingga bisa menghemat enargi dalam penerangan. Dan atap yang luas dan lebar dirancang dan dihubungkan ke tangki air, sehingga memiliki persediaan air bersih yang sangat banyak.

8.Blue Forest’s off-grid ‘Eco Classroom’
Blue Forest’s off-grid ‘Eco Classroom’
Dirancang untuk Benenden Sekolah di Kent, Eco-Classroom akan memberikan ruang pengajaran yang inovatif yang dikelilingi oleh taman yang sangat sejuk seperti hutan.
Blue Forest’s off-grid ‘Eco Classroom’
Fasilitas pendidikan yang unik dirancang untuk sepenuhnya off-grid, hanya mengandalkan energi surya.Dibangun dari kayu yang dipanen secara teratur dan konsep atap yang menghijau, sehingga Eco-Classroom sangat menyatu dengan hutan disekitar. Struktur gedung ini merupakan gedung pertama di Inggris, dimana atapnya yang hijau dengan konsep penampungan air yang langsung diolah menjadi air panas atau air dingin menggunakan tenaga surya.

9.Foster + Partners Langley Academy
Foster + Partners Langley Academy
Dikembangkan oleh Foster + Partners in Slough, Inggris, Akademi Langley adalah bangunan tiga lantai yang dirancang dengan atrium penuh tinggi dan menyediakan ruang perakitan untuk 1100 siswa.
Foster + Partners Langley Academy
Bangunan ini dirancang untuk menghemat 20% konsumsi air, dengan memanfaatkan air hujan dan air abu-abu, yang disaring untuk digunakan kembali dalam sanitasi dan irigasi. Selain itu, desain bangunan hemat energi dan penggunaan kolektor surya pada atap yang menghemat 150 ton CO2 dari yang dilepaskan ke atmosfir setiap tahunnya.

10.New Hillside Middle School
New Hillside Middle School
The Hillside Middle School in Salt Lake City School District, salah satu sekolah tertua di Utah, yang telah menetapkan standar kredentitas tinggi yang manjadi tolak ukur.
New Hillside Middle School
Dengan struktur yang seharga $20jt ini memaksimalkan cahaya matahari sebagai penerang untuk menghemat energi. Jendela juga dirancang tahan panas cahaya matahari, sehingga siswa dapat belajar dengan suasana dingin. Cat yang dipakai juga mengandung senyawa volatik-organik yang sangat rendah. Dalam ventilasi udara, dipasang juga penyaring udara, sehingga udara tetap segar dalam ruangan.

No comments:

Post a Comment