Thursday, January 17, 2013

6 Tips Berkendaraan Saat Dilanda Banjir

Terdambakan - Sebuah banjir adalah peristiwa yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan. Banjir diakibatkan oleh volume air di suatu badan air seperti sungai atau danau yang meluap atau menjebol bendungan sehingga air keluar dari batasan alaminya.

Banjir juga dapat terjadi di sungai, ketika alirannya melebihi kapasitas saluran air, terutama di kelokan sungai. Banjir sering mengakibatkan kerusakan rumah dan pertokoan yang dibangun di dataran banjir sungai alami. Meski kerusakan akibat banjir dapat dihindari dengan pindah menjauh dari sungai dan badan air yang lain, orang-orang menetap dan bekerja dekat air untuk mencari nafkah dan memanfaatkan biaya murah serta perjalanan dan perdagangan yang lancar dekat perairan. Manusia terus menetap di wilayah rawan banjir adalah bukti bahwa nilai menetap dekat air lebih besar daripada biaya kerusakan akibat banjir periodik.

Berikut Tips Berkendaraan Saat Dilanda Banjir:

1. Jangan paksakan kendaraan Anda tetap hidup
Terdambakan - Jangan paksakan kendaraan Anda tetap hidup/jalan jika ketinggian banjir tidak memungkinkan untuk dilalui. Sebagai pedoman, apabila ketinggian air sudah melewati knalpot kendaraan, sebaiknya anda pikir pikir lagi untuk meneruskan perjalanan. Sebab, air bisa masuk ke knalpot dan menyebabkan mobil mogok di tengah banjir.

2.Matikan mesin kendaraan Anda agar tidak terjadi korsleting
Terdambakan - Matikan mesin kendaraan Anda agar tidak terjadi korsleting pada komponen kelistrikan di kendaraan Anda. Tentunya Anda tidak menghendaki mobil pintar Anda, yang sekarang sudah banyak menggunakan perangkat seperti parking sensor dan breaking system berakhir menjadi mobil biasa.

3.Cari tempat yang aman untuk memarkirkan kendaraan Anda
Terdambakan - Saat banjir Anda tidak perlu kuatir mobil akan hilang, tetapi lebih kuatirlah pada benda benda berharga yang ada di dalam mobil.


4.Cabut kabel accu/aki kendaraan

Terdambakan - Cabut kabel accu/aki kendaraan Anda untuk menghindari korsleting sedari dini. Guna mencabut accu/aki ini sendiri adalah menghindari rusaknya komponen listrik saat banjir. Tentunya Anda tidak akan mengetahui dampaknya saat mobil masih tergenang.

Anda akan merasakan dampaknya setelah air surut dan hendak menggunakan mobil, Anda bisa saja dengan tanpa sengaja membakar komponen listrik didalam mobil Anda, dan ini sangat fatal karena hal semacam ini tidak akan di cover oleh pihak asuransi.

5.Jangan panik 
Terdambakan - Jangan panik jika kendaraan Anda mogok, ambil tindakan dalam kondisi tenang. Ambil telpon seluler Anda, dan segera hubungi bengkel/asuransi untuk mengevakuasi mobil Anda.

6.Cek Polis Asuransi Kendaraan
Terdambakan - Jangan lupa untuk mengecek polis asuransi kendaraan Anda. Beruntung jika polis asuransi anda memiliki coverage All Risk atau perluasan Flood.

No comments:

Post a Comment