Saturday, January 19, 2013

5 Fakta Menarik Tentang Stadion Sepakbola Old Trafford


Terdambakan - Old Trafford adalah sebuah stadion sepak bola yang terletak di Old Trafford, Manchester Raya, Inggris dan merupakan stadion milik Manchester United F.C. Stadion ini menjadi milik permanen Manchester United sejak tahun 1910 dan diberi julukan The Theatre of Dreams oleh Sir Bobby Charlton.

1. Pembangunan Old Trafford 
Terdambakan - Dibangun tahun 1909 dan menelan biaya sebesar 60.000 poundsterling. Old Trafford memiliki tiga teras di tiga sisi lengkap dengan tempat duduk dan atap. Stadion ini hasil rancangan desainer ternama asal Skotlandia, Ardhibald Leitch, yang juga merancang Stadion Hamden Park, Ibrox Stadium dan White Hart Lane. Old Trafford dibuka untuk umum tanggal 19 Februari.

2. Hancurnya Old Trafford 
Terdambakan - Pada tahun 1940, Old Trafford hancur dibom tentara Jerman dalam serangan Manchaster Blitz. Selama masa pembangunan, Manchester United terpaksa latihan dan bertanding di stadium milik tentangganya yaitu Manchester City.

3. Terowongan Munich Tunnel 
Terdambakan - Dalam Old Trafford terdapat terowongan Munich Tunnel. Terowongan ini dibangun untuk mengenang tragedi Munich 1958 dimana pesawat pembawa tim Setan Merah kecelakaan dan menewaskan 23 orang. 8 diantaranya pemain Manchester United.

4. Floodlight Pertama 
Terdambakan - Pada tahun 1957, manajemen Old Trafford memasang floodlight untuk pertama kalinya, supaya United bisa bertanding pada malam hari untuk pertandingan-pertandingan hari biasa. Jika Manchester United melakoni pertandingan malam hari di Old Trafford, rata-rata pemakaian listrik sebesar 5,5 Megawatt. Stadion ini memang megah dengan cahaya lampu yang begitu terang.

5. Tribun Bersejarah 
Terdambakan - Sisi bagian barat Old Trafford dikenal banyak orang sebagai "The Legendary Stretford End". Karena pada waktu stadion belum memiliki tempat duduk, sisi barat ini selalu dipenuhi hampir 20,000 orang fans yang berdiri mendukung United dan mereka dikenal karena suaranya yang paling keras di Britania. Dulu pernah diukur tingkat kebisingan suara penonton melebihi pesawat Jumbo Jet yang lepas landas. Tahun 1964 United membangun bangku penonton bertingkat terbesar di Inggris saat itu, dengan 10,000 kursi dan 55 area boks khusus – area VIP pertama di antara stadion-stadion Eropa lainnya.

Sisi Timur, Selatan, dan Barat dari stadion Old Trafford terus diperbesar, sehingga pada tahun 1994, stadion Setan Merah memiliki 44,000 kursi penonton. Manajemen klub membangun sisi Utara, dikenal sebagai North Stand, memiliki 10 tingkat dan berkapasitas 25,000 kursi penonton. Sisi-sisi lainnya pun terus ditambah, sehingga mencapai 76,226 kursi penonton hingga tahun 2006.

No comments:

Post a Comment