Friday, February 1, 2013

6 Tips untuk Menjaga Kesehatan pada Kandung Kemih

Terdambakan - Kandung kemih jika tidak dijaga kesehatanya maka akan membuat masalah seperti rasa sakit ketika buang air kencing hinga mengalami batu ginjal yang pastinya akan membuat kamu merasa sakit. Nah berikut ini ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan kandung kemih kamu, mau tahu cara seperti apa itu simak berikut ini.

1. Minum banyak air
Terdambakan - Minum terlalu sedikit bukan hanya buruk bagi tubuh karena tidak mampu menyingkirkan racun, tetapi juga mengganggu kesehatan kandung kemih. Jadi perhatikan urine Anda, jika warnanya terlalu gelap artinya Anda kurang minum air.

2.Jangan sering pipis
Terdambakan - Para ahli merekomendasikan agar Anda menunggu kandung kemih sampai penuh jika ingin kencing daripada buang air kecil dengan alasan agar nanti tidak ke kamar mandi. Sebab terlalu sering pipis akan membuat kandung kemih menampung sedikit cairan dan memicu timbulnya infeksi.

3.Makan serat
Terdambakan - Selain melancarkan pencernaan dan buang air besar, mengonsumsi makanan berserat juga berfungsi untuk menyehatkan kandung kemih. Makanan berserat di antaranya adalah buah-buahan, sayuran hijau, dan gandum.

4.Jalan-jalan
Terdambakan - Beberapa orang dengan kondisi tertentu, misalnya penyakit jantung, punya kecenderungan menyimpan cairan di kaki sepanjang hari. Saat malam menjelang, cairan tersebut membuat mereka harus berkali-kali buang air kecil. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu lebih rajin jalan-jalan untuk melemaskan otot kaki dan melancarkan jadwal buang air kecil.

5.Hati-hati saat bercinta
Terdambakan - Bercinta terkadang juga bisa memicu infeksi saluran kandung kemih pada wanita. Jadi pastikan Anda rajin membersihkan area vital sebelum dan sesudah bercinta. Sebaiknya Anda pun kencing sebelum bercinta dan membersihkannya saat akan berhubungan seks dengan pasangan.

6.Pola makan
Terdambakan - Makanan tertentu bisa membuat kondisi kandung kemih bertambah buruk. Misalnya makanan yang terlalu asam seperti tomat dan jus jeruk. Jadi batasi konsumsi makanan yang terlalu asam demi menjaga kesehatan kandung kemih.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan kandung kemih. Jika Anda mengalami masalah ketika buang air kecil, segera berkonsultasi dengan dokter demi penanganan yang lebih baik.

No comments:

Post a Comment