Saturday, March 9, 2013

10 Tanda-tanda Gizi Buruk pada Wanita

Terdambakan - Gizi buruk tidak hanya dialami wanita miskin, tetapi juga mereka yang mengalami gangguan makan atau menjalani diet super ketat. Tanda-tanda gizi buruk tidak muncul dengan tiba-tiba. Mereka berkembang secara perlahan dari waktu ke waktu dan wanita kadang jadi terbiasa dengan gejala tersebut.

Selain itu, banyak wanita muda saat ini yang menderita gizi buruk karena mereka tidak makan dengan benar. Junk food dan makanan instan lainnya tidak memiliki nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi

Untuk merayakan Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada tanggal 8 Maret kemarin, para wanita harus lebih bisa menjaga pola makan dengan baik dan tetap sehat. Berikut:10 Tanda-tanda Gizi Buruk pada Wanita'

1. Kelelahan
Terdambakan - Tanda pertama dan paling mudah dilihat apakah seorang wanita mengalami malnutrisi atau tidak adalah kelelahan. Anda tidak akan memiliki energi untuk melakukan apa-apa, bahkan untuk makan sekalipun. Ketika otot-otot Anda tidak mendapatkan nutrisi penting yang dibutuhkan seperti kalsium, oto akan cepat lelah dan sebagai hasilnya tubuh Anda akan kekurangan energi.

2. Tekanan darah rendah
Terdambakan - Jika seseorang kekurangan gizi, ia akan selalu memiliki tekanan darah yang rendah. Bila Anda tidak makan karbohidrat dan lemak, akan ada kekurangan gula dalam darah Anda. Ketika gula darah turun, tekanan darah juga ikut menurun.

3. Pusing
Terdambakan - Bila tekanan darah Anda turun, Anda jelas akan kehilangan keseimbangan dan kepala Anda akan mudah pusing. Hal ini menyebabkan sakit kepala dan pusing yang mengganggu.

4. Anemia
Terdambakan - Anemia sangat umum pada wanita. Wanita menderita anemia karena mereka tidak memiliki cukup makanan kaya zat besi. Selain itu, tubuh wanita kehilangan zat besi karena menstruasi dan juga melahirkan.

5. Iritabilitas
Terdambakan - Wanita yang menderita gizi buruk menjadi mudah mengalami gejolak hormonal. Bila Anda tidak mendapatkan nutrisi yang tepat, keseimbangan hormon Anda juga terpengaruh. Itulah wanita menjadi lebih mudah marah dan mengalami perubahan suasana hati.

6. Rambut rontok dan kulit kusam
Terdambakan - Rambut dan kulit akan sehat ketika tubuh Anda sehat. Jika Anda tidak memiliki makanan bergizi, rambut Anda akan menjadi lemah, rapuh dan mudah rontok. Jika Anda mengalami kerontokan rambut yang abnormal tanpa alasan yang jelas, itu bisa menjadi tanda kekurangan gizi.

7. Tidak menstruasi
Terdambakan - Ketika tubuh Anda tidak memiliki cukup zat besi dan kalsium, Anda mungkin tidak akan mengalami menstruasi. Tubuh mulai menabung nutrisi dan dengan demikian menghentikan aliran darah menstruasi. Kekurangan zat besi merupakan salah satu alasan umum untuk berhentinya menstruasi selama beberapa saat.

8. Berat badan turun
Terdambakan - Malnutrisi bukan hanya tentang kekurangan vitamin dan mineral. Bahkan, jika Anda memotong asupan karbohidrat dan protein, Anda akan mudah terserang malnutrisi. Dalam kebanyakan kasus, seseorang akan kehilangan banyak berat badannya karena kekurangan gizi.

9. Imunitas lemah
Terdambakan - Bila tubuh Anda kekurangan Vitamin C, Zinc, dan nutrisi penting lainnya, Anda akan lebih mudah jatuh sakit. Jika Anda terus terkena beragam penyakit dalam kurun waktu singkat, Anda mungkin menderita gizi buruk.

10. Kulit mudah memar
Terdambakan - Anda akan lebih mudah memar ketika dinding kapiler darah Anda lemah. Hal ini biasanya terjadi ketika jumlah darah trombosit Anda turun. Itu berarti Anda perlu Vitamin K dan folat dalam jumlah besar.

Inilah sembilan tanda gizi buruk yang bisa kita temukan pada wanita. Ingat, perbanyak makan makanan bernutrisi dan kurangi makanan cepat saji atau olahan yang tidak baik untuk tubuh.
Sumber

No comments:

Post a Comment