Thursday, February 28, 2013

5 Permainan yang dapat Memicu Kreativitas Anak

Terdambakan - Siapa yang tidak mengenal mainan semasa kecilnya  Anak-anak/bayi bahkan orang dewasa sekalipun pasti pernah punya mainan yang disukai.

Ada beberapa jenis mainan yang mampu menicu kreativitas anak dalam perkembangannya baik dari segi motorik, teknis, atau pola pikirnya. Berikut:5 Permainan yang dapat Memicu Kreativitas Anak

1. Bongkar susun (Lego dll)

Terdambakan - Hal yang paling mengasyikkan bagi anak adalah bermain kotak susun yang dapat disambung-sambung menjadi suatu bangun.

Kotak susun sangat disarankan untuk dimainkan oleh anak-anak karena menyediakan penyaluran ide-ide hebat mereka.

Kotak susun sudah banyak terjual di pasaran harga yang terjangkau.
Dulu TS sering bermain dengan potongan kayu kaso bekas yang diikat menjadi bentuk mobil-mobilan. 

2. Mainan rakitan (tamiya dll)

Terdambakan - Ketika bisa merakit sendiri mainan yang diberikan, mereka sangat bangga dengan memperlihatkan "hasil kerja' mereka kepada orang tua, keluarga dan teman-temannya. Mainan ini sungguh merupakan ide brilian pencetus kreativitas dan aspek teknis anak-anak dimana mereka diharuskan menyusun mainan tersebut dengan benar.

3. Karet gelang

Terdambakan - Siapa bilang mainan yang memicu kreativitas mesti mahal?
Karet gelang adalah mainan murah meriah yang dapat dimainkan anak-anak menjadi bentuk-bentuk menarik di jari tangan anda.
Terdambakan - Bisa dililit dan di jalin untuk permainan lompat tali atau
Bahkan menjadi "senjata mematikan" bagi cicak, lalat dan serangga lainnya.

4. Lilin lunak

Terdambakan - Permainan lilin lunak dapat mengasah keterampilan dan daya kreativitas anak, dengan merangsang mereka untuk mebuat bentuk-bentuk yang disukai.nKarena mudah dibentuk, lilin menjadi mainan yang populer khususnya anak perempuan.

5. Magic board

Terdambakan - Jika melihat coretan-coretan pada kertas, dinding, lantai atau jalanan kita jadi teringat pada masa kecil dulu ketika kita menuangkan segala bentuk perasaan kita melalui kapur atau pensil. Dengan alat ini fungsi kapur dan alat tulis dapat tergantikan sehingga anak dapat membebaskan diri mereka dari 'kekangan" aturan-aturan yang mereka temui baik di rumah, lingkungan atau di sekolahnya, dengan membuat gambar-gambar yang ada dalam khayalan mereka sehingga membantu untuk menyalurkan kreativitas dan daya imajinasi yang mereka punya.

1 comment:

  1. Lilin Lunak yg Kiloan, hrgnya murah (bisa di bentuk2), tdk usah warna-warni, bila hrg terjangkau mk sy mau pesan, no. sy 081346261599

    ReplyDelete