Friday, March 1, 2013

8 Pemain Sepakbola yang berputar Kiblat ke Dunia Jurnalistik


1. Jimmy Greaves
Terdambakan - Legenda hidup Tottenham, Jimmy Greaves berkolaborasi dengan penulis ternama Inggris, Norman Giller. Bersama Giller, total 20 novel telah dihasilkan. Namun, hanya novel "The Ball Game" yang paling berkesan di mata media. Karena cover dari novel tersebut menampilkan cewek telanjang.

2. Pepe Mel
Terdambakan - Selain handal dalam meracik strategi, pelatih Real Betis, Pepe Mel cukup piawai mengumpulkan imajinasinya melalui novel fiksi misterinya "The Liar". Novel ini bercerita mengenai seorang staf di gereja Vatican yang mencari pencuri manuskrip agama kristen.

3. Bambang Pamungkas
Terdambakan - Pada tahun 2011, Bambang Pamungkas meluncurkan buku perdananya yang berjudul "Ketika Jemariku Menari". Buku ini menceritakan tentang kisah perjalan Bepe di dalam sepakbola. Perihal Timnas, Persija dan hal-hal yang berkaitan dengan si kulit bundar, juga terpapar di buku tersebut.

4. David Beckham
Terdambakan - Di cover buku "Charlie Barker and The Secret of the Deep Dark Woods" tertera nama superstar sepakbola, David Beckham sebagai penulis buku. Namun, tidak ada yang bisa menjamin keabsahan buku tersebut. Sang pemain sendiri memilih bungkam, ketika ditanyai mengenai buku "Charlie Barker and The Secret of the Deep Dark Woods".

5. Steve Bruce
Terdambakan - Eks Manchester United, Steve Bruce pernah membuat buku dengan format trilogi, mengenai sepakbola. Ketika menjadi pelatih Huddersfield Tow, Bruce menulis buku pertama "Defender!", kemudian disusul "Sweeper!" dan "Striker!". Namun, para media Inggris menyebut buku tersebut lelucon. Karena banyak terjadi kefatalan struktur kalimat dan plot yang aneh. 

6.Francesco Totti
Terdambakan - berhasil menunjukkan bahwa dirinya adalah ikon kota Roma sejati. Selain loyalitas dan kecintaannya akan AS Roma, Totti juga mengekspresikan kebanggaan atas keindahan kota kelahirannya. Dalam buku "E Mo Te Spiego Roma/Mari Berbicara Tentang Roma", Totti menggambarkan kebudayaan kota melalui tulisan.

7.Zlatan Ibrahimovic
Terdambakan - Tahun lalu, Zlatan Ibrahimovic meluncurkan buku pertamanya, berupa autobiografi mengenai perjalanan karirnya di sepakbola. Bagian yang paling menarik dari buku "Jag Ar Zlatan", ketika ia membahas mengenai perbedanaa persepsi antara dirinya dengan Josep Guardiola.

8.Theo Walcott
Terdambakan - Calon legenda Arsenal ini ternyata juga piawai dalam mengolah pena di selembar kertas. Dua tahun yang lalu, Theo Walcott mengeluarkan buku keduanya, yang berupa autobiografi; "Theo: Growing Up Fast".

Buku ini menuai kontroversi. Pasalnya, di dalam buku tersebut beberapa halaman yang menceritakan curahan hati sang pemain, yang mempertanyakan kredibilitas Fabio Capello.

No comments:

Post a Comment