Sunday, February 3, 2013

8 Makanan Halal yang Wajib di Coba Ketika di Bali

1. Betutu
Terdambakan - Betutu adalah lauk yang terbuat dari ayam atau bebek yang utuh yang berisi bumbu, kemudian dipanggang dalam api sekam atau diungkep/kukus dengan menggunakan dandang. Betutu ini telah dikenal di seluruh kabupaten di Bali.

Salah satu produsen betutu adalah desa Melinggih, kecamatam payangan kabupaten Gianyar. 
Ayam betutu juga merupakan makanan khas Gilimanuk. Betutu digunakan sebagai sajian pada upacara keagamaan dan upacara adat serta sebagai hidangan dan di jual.

Konsumennya tidak hanya masyarakat Bali tapi juga tamu manca negara yang datang ke Bali, khususnya pada tempat-tempat tertentu seperti di hotel dan rumah makan atau restoran. Betutu tidak tahan disimpan lama.

2. Srombotan 
Terdambakan - Srombotan adalah sayuran khas Klungkung Bali, terbuat dari sayur buah botor muda atau paku, toge, kobis yang dimasak setengah matang.

kemudian diberi bumbu disebut kalas yang terdiri dari santan yang diberi tumbukan kunyit, lengkuas, bawang merah dan bawang putih, ketumbar dan sedikit kencur. Cara memasaknya yaitu degan dimasak hingga kental.

Kalas inilah yang menjadi ciri khas serombotan yang kalau dihidangkan harus menggunakan kacang goreng dan nasinya bercampur ubi jalar atau nasi oran sele orang Bali menyebutnya.

Sayur ini sudah mendunia, karena restorant Made dan beberapa restorant di Bali menjadikannya sebagai hidangan utama pada menunya. Adalah Bondan WInarno pembawa acara wista kuliner di trans tv yang memberikan istilah MAKNYUS alias enak murah dan enak untuk Srombotan ini. Dia seakan menjadi icon utama dibalik kelesatan sayuran di Bali saat ini

3. Lawar
Terdambakan - Lawar adalah masakan berupa campuran sayur-sayuran dan daging cincang yang dibumbui yang berasal dari Bali. Makanan ini lazim disajikan dalam rumah tangga di Bali atau dijual secara luas di rumah-rumah makan dengan sebutan lawar Bali.

Lawar dibuat dari daging yang dicincang, sayuran, sejumlah bumbu-bumbu dan kelapa. Lawar yang aman buat dikonsumsi buat pencinta makanan halal adalah, Lawar Ayam, Nangka, Sapi, Nyawan dan Lawar bebek.

4. Nasi Jinggo
Terdambakan - Nasi jenggo (atau nasi jinggo) adalah makanan khas Bali yang serupa dengan nasi kucing, namun lauk disediakan sangat berbeda, umumnya adalah mie goreng, sambal, serundeng, dan ayam yang disuwir-suwir pedas. Namun nasi jenggo dapat ditambahkan dengan telur, tempe, dan tahu. Nasi jenggo umumnya dibungkus dengan daun pisang.

Sama seperti nasi kucing, porsi nasi jenggo sangat sedikit dan harganya murah (umumnya Rp. 1000,- sampai Rp. 5000,-), sehingga nasi jenggo kurang mengenyangkan dan biasanya dibeli beberapa bungkus

5. Sate Lilit Be Pasih 
Terdambakan - Sate yang satu ini memang memiliki banyak keistimewaan. Selain tusukannya yang dibuat dari batang serai ataun Bambu yang menambah sedap aromanya, sate lilit Bali dibuat dari daging ikan yang dicincang halus dan dibumbui dan dililitkan ke batang serai atau bambu. Sate lilit sarat bumbu dan dicampur dengan parutan kelapa, sehingga rasanya gurih dan aromanya menggugah selera.

6. Sambal Bongkot 
Terdambakan - Sambal Bongkot adalah sambal yang berasal dari pulau Bali seperti halnya sambal matah. Jika dilihat sekilas displaynya pun tak jauh berbeda. Nama Bongkot adalah nama lain dari bunga kecombrang, di Bali. Sambal ini terbuat dari bunga kecombrang yang diiris tipis dan dicampur bersama cabai rawit dan bawang. Biasanya untuk menemani lauk ayam atau ikan.

7. Jukut Ares
Terdambakan - Resep Jukut Ares. Jukut Ares cukup terkenal di Pulau Bali. Jukut Ares hampir selalu menjadi hidangan utama di setiap acara, hari raya atau hajatan. Di Bali misalnya, Jukut Ares selalu dihidangkan pada acara pernikahan, kematian, potong gigi, bahkan pada saat hari raya Galungan dan Kuningan. Bahan utama Jukut Ares adalah batang pisang batu yang masih muda. Disinilah letak keistimewaan masakan ini, batang pisang menjelma menjadi masakan yang lezat.

8. Sambel matah
Terdambakan - Bagi penggila sambal, tentunya anda ingin mencoba kreasi sambal yang lebih mantap. Sambal yang satu ini bisa jadi pilihan terbaik bagi anda dan keluarga. Sambal asli Bali, sebut saja sambal matah. Sambal matah ini sangat terkenal.

Cita rasanya yang pedas, sedikit asin dan asam terasa sangat nikmat di lidah. Dimakan dengan nasi nasi campur Bali atau ikan bakar akan lebih terasa mantap. Kenikmatannya sudah tersohor hingga ke Benua Eropa.

Sambal matah cukup menggunakan bahan dari rempah-rempah. Prosesnya pun cukup mudah. Cukup diberi bawang merah, serai, terasi bakar, cabai, daun jeruk purut yang dicincang kemudian beri garam, merica, serta minyak kelapa. Rasa yang tajam dapat ditutupi dengan penambahan terasi bakar.

Meskipun semua bahan yang digunakan mentah, sambal matah bisa menetralisir amis dan kadar kolesterol pada olahan seafood.

Karena nikmatnya, sambal matah sudah terkenal hingga Benua Eropa. Hal ini dikarenakan sambal matah memiliki citarasa alami sehingga tingkat kesegarannya masih tinggi.

No comments:

Post a Comment