Monday, February 4, 2013

5 Kisah Mesra Anak-anak Jakarta dengan Joko Widodo

Terdambakan - Bukan hanya orang dewasa yang mengidolakan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi). Anak-anak kecil di Jakarta pun menyukai Jokowi.

Jika Jokowi blusukan, anak-anak ini akan ikut menyambut gubernur mereka. Jokowi pun tak pernah galak pada anak-anak. Biasanya jika meninjau suatu wilayah, Jokowi juga akan memberikan hadiah untuk anak-anak.

Bahkan anak-anak Kampung Pulo punya panggilan spesial untuk Jokowi. Mereka memanggil wali kota Solo ini 'Jokowow'. Alasannya karena Jokowi senang musik rock.
Seperti apa cerita anak-anak Jakarta dengan pemimpin mereka.

1. Beri sepeda dan beasiswa para santri
Terdambakan - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo bersilaturahmi ke Yayasan Al Wathoniyah Asshodriyah 9 Jl Raya Penggilingan, Cakung, Jakarta Utara. Jokowi pun membagikan sepeda dan beasiswa bagi para santri yang bisa menjawab pertanyaannya.

"Saya mau siswa-siswa ini maju ke depan (naik ke panggung), nanti yang berani saya kasih hadiah. Hadiahnya sebuah kartu nama, tapi kartu nama ini bisa ditukarkan dengan sepeda di Balai Kota," kata Jokowi, (19/1).

Lima yang dipilih Jokowi adalah santri laki-laki. Mereka diberi pertanyaan berbeda. Ada yang diminta menyebutkan 10 nama pohon, lima nama sayur, dan menyebutkan nama lengkap dirinya.

"Tahu nggak siapa nama saya," kata Jokowi pada seorang santri.

Selain itu, Jokowi juga membebaskan uang sekolah untuk 800 siswa selama enam bulan. Mereka menyambut gembira apa yang disampaikan Jokowi di acara itu.

2. Nonton bareng berhadiah bola sepak
Terdambakan - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo nonton bareng piala AFF bersama Wali Kota Jakarta Selatan Anas Efendi dan warga Manggarai. Di sela-sela pertandingan Indonesia VS Malaysia, Jokowi menggelar kuis. Hadiahnya spesial, sepeda dan bola sepak.

"Saya mau memberi kuis hadiahnya sepeda sama bola. Mau tidak?" tanya Jokowi pada warga Manggarai, Sabtu (1/12).

"Ini untuk laki," kata Jokowi sambil mengeluarkan hadiah bola. "Kamu sini, pertanyaannya berapa jumlah pemain sepakbola?" tanya dia pada seorang warga.

"11, pak!" jawab warga bernama Aris
Maka Aris dapat bola dan ditandatangani dengan tulisan Jokowi.

Lalu Jokowi memanggil seorang anak. "Kamu sini, nama kamu siapa?"
"Anggit, pak," jawab anak itu.

Sebutkan nama saya, yang lengkap ya? Siapa nama gubernur Jakarta?" kata Jokowi.
Joko Widodo" jawab AnggitYa benar. Pilih bola atau sepeda? Nanti sepeda hari senin diambil di balaikota ya" kata Jokowi.

3. Bagikan buku tulis untuk anak yang kerja bakti
Terdambakan - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meninjau pelaksanaan program kerja bakti di Kelurahan Lagoa, Jakarta Utara, Minggu (3/2). Tak lupa Jokowi pun memberikan hadiah untuk anak-anak Lagoa. Hadiahnya buku tulis dan perlengkapan sekolah.

Buku tulis gratis itu dibagikan Jokowi dibantu para Satpol PP. Uniknya sampul buku tulis bergambar kartun bertuliskan KJP atau Kartu Jakarta Pintar. KJP merupakan salah satu program andalan Jokowi-Ahok.

"Ini bukunya, belajar yang rajin ya," kata Jokowi.

Anak-anak Lagoa pun berebutan mengambil buku tulis KJP. Mereka mengaku gembira diberi buku tulis oleh Jokowi.

4. Panggilan kesayangan: Jokowow!
Terdambakan - Puluhan anak-anak Kampung Pulo, kelurahan Kampung Melayu, Jakarta Timur, antusias menyambut kedatangan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Mereka pun punya panggilan khusus untuk Jokowi: Jokowow!

Pantauan merdeka.com anak-anak yang masih SD berkumpul di Jalan Jatinegara Barat, di Gang 1 RT 1 RW 2 kampung Pulo, Jakarta Timur.

Tegar (10) siswa kelas 4 SD mengaku ingin bersalaman dan melihat langsung dengan Jokowi.

"Ikut-ikutan temen-temen mau salaman. Jokowow!" ujarnya seraya memberikan jari metal.

Tak jelas kenapa mereka memanggil Jokowi dengan Jokowow. Menurut mereka karena Jokowi seorang rocker yang metal.

5. Main becek-becekan
Terdambakan - Bocah-bocah kampung sering juga ikut menemani Jokowi. Contohnya, saat blusukan di perkampungan padat penduduk di Kuningan Barat, Mampang Prapatan Jakarta Selatan. Saat itu teriakan "Jokowi Ahok, Jokowi Ahok," mengiringi kedatangan Jokowi.

Anak-anak ini pun serempak mengikuti ke mana arah blusukan Jokowi. Melewati jalan-jalan yang becek karena hujan bersama anak-anak serta dua pengawalnya, Jokowi melihat kondisi Kali Poncol yang berada di perkampungan tersebut.

No comments:

Post a Comment