Monday, February 4, 2013

5 Daging Hewan yang Lebih ber Protein Selain Sapi

Terdambakan - Daging sapi merupakan sumber protein hewani utama di seluruh dunia. Namun, kandungan lemaknya relatif agak tinggi.

Sebenarnya, ada beberapa hewan lain yang dagingnya mengandung lebih banyak protein dan lebih sedikit lemak yang layak dipertimbangkan.

Bison dan burung unta memang kurang populer sebagai konsumsi manusia. Namun, di Amerika Serikat, hewan-hewan ini mulai menjadi sajian di jaringan restoran ternama.

Inilah kandungan nutrisi beragam daging hewan selain sapi, seperti diberitakan The Daily Meal Berikut:5 Daging Hewan yang Lebih ber Protein Selain Sapi

 1. Sapi
Terdambakan - Untuk membandingkan dengan hewan lain, kita perlu mengetahui kandungan nutrisi daging sapi itu sendiri. Data berikut merupakan kandungan daging skirt yang berasal dari bagian samcan depan (plate) sapi.
Biasanya dijual untuk oseng-oseng dengan irisan tipis dan panjang. Karena teksturnya keras, biasanya daging ini dipukul-pukul dulu agar empuk. Skirt dipilih karena termasuk bagian daging sapi yang rendah lemak.

Per 100 gram daging skirt mentah mengandung:
165 kalori
8,95 gram lemak
3,47 gram lemak jenuh
69 miligram kolesterol
19,62 gram protein

2. Bison
Terdambakan - Bison merupakan hewan sejenis sapi, namun berperawakan lebih kekar, berkulit gelap, dan memiliki rambut di sebagian tubuhnya.

Warna dagingnya merah gelap karena kurangnya marbling (sebaran lemak) lemak. Rasanya mirip dengan daging sapi, namun sedikit lebih manis dan kaya.

Untuk memasaknya, diperlukan api kecil karena dagingnya minim lemak.

Per 100 gram daging bison mentah mengandung:
109 kalori
1,84 gram lemak
0,69 gram lemak jenuh
62 miligram kolesterol
21,62 gram protein

3. Burung unta
Terdambakan - Burung terbesar di dunia ini dagingnya justru mirip dengan sapi dalam hal rasa dan tekstur. Namun, warna merah pada daging burung unta lebih pekat.

Di dalamnya juga terkandung vitamin B lebih banyak daripada daging sapi maupun daging ayam.
Biasanya daging burung unta dimasak dengan cara dibakar, dipanggang, ditumis, atau dengan teknik braising (ungkep).

Per 100 gram daging burung unta mentah mengandung:
116 kalori
2,4 gram lemak
0,81 gram lemak jenuh
71 miligram kolesterol
21,99 gram protein

4. Rusa elk
Terdambakan - Elk merupakan jenis rusa besar yang hidup di Amerika Utara, Eropa, dan Asia Tengah. Dagingnya memiliki rasa yang lembut, terkadang manis seperti sapi. Selain protein, daging elk merupakan sumber zat besi, fosfor, dan zinc yang baik.

Per 100 gram daging elk mentah mengandung:
111 kalori
1,45 gram lemak
0,53 gram lemak jenuh
55 miligram kolesterol
22,95 gram protein

5. Emu
Terdambakan - Emu tampak seperti burung unta, namun bulu dan kulitnya berwarna cokelat. Emu hidup di Australia dan merupakan burung kedua terbesar di dunia setelah burung unta.

Seperti hewan tersebut, emu juga unggas namun tergolong daging merah karena pH dagingnya mirip dengan sapi.

Daging emu enak dibakar sebentar, ditumis, atau dipanggang. Di dalamnya banyak terkandung riboflavin, niacin, vitamin B6 and B12, serta zat besi.

Per 100 gram daging emu mentah mengandung:
112 kalori
1,64 gram lemak
0,448 gram lemak jenuh
85 miligram kolesterol
22,83 gram protein 

No comments:

Post a Comment