Thursday, February 21, 2013

5 Kata Kuno Mempunyai Arti yang Lucu

Terdambakan - Mungkin tak pernah terbayangkan jika beberapa kata yang sering kita dengar memiliki arti yang lucu. Karena tanpa kamu ketahui dan kamu sadari, kata-kata yang kamu ucapkan seringkali berarti berbeda

Pernah mendengar kata Albus yang kerap kita dengar dalam film HARRY POTTER? Rupanya nama kepala sekolah sihir Hogwarts itu ternyata memiliki arti yang lucu. Bahkan kata Panther yang lebih lebih populer di telinga kita sebagai merek mobil juga sebenarnya memiliki arti yang lucu. Terdengar aneh dan sepertinya tak masuk akal? Coba kamu cari tahu kata-kata kuno apa saja yang punya arti lucu berikut ini. Yuk kita intip ulasannya.

1. ALBUS
Terdambakan - Albus dalam bahasa latin berarti putih. Jadi pada dasarnya Kepala Sekolah Hogwarts itu jika diartikan memiliki nama depan yang bermakna 'pria putih'. Begitu juga dengan nama artis cantik Jessica Alba. Kata Alba merupakan turunan dari kata Albus. Maka jika diartikan, 'Jessica si Gadis Putih'. Kalau kamu ingin dipanggil gadis berkulit putih, kamu bisa pakai nama Albus atau Alba sebagai nama belakang.

2. PANTHER
Terdambakan - Panther berasal dari bahasa Yunani yaitu Pan yang berarti 'semua' atau 'untuk semua'. Sedangkan Thera berarti 'pemanen' atau 'pemungut'. Maka jika digabungkan, Panther memiliki arti 'Pemungut segala sesuatu'. Biasanya Panther yang kita sering dengar itu adalah nama mobil. Maka coba artikan sendiri arti dari nama Panther jika digabungkan dengan kata mobil ya.

3. P TERODACTYL
Terdambakan - Nama Pterodactyl sering dikenal sebagai nama dari species dinosaurus. Pterodactyl merupakan singkatan dari Pterodactylus. Namun dalam bahasa Yunani Kuno, Pterodactyl memiliki arti 'jari bersayap'. Jadi Spesies dinosaurus yang menggunakan nama ini adalah jenis hewan yang memiliki jari bersayap. Serem juga ya kalau dibayangin.

4. PENIS
Terdambakan - Kalau mendengar kata Penis pasti yang terbesit pertama kali adalah alat kelamin pria. Padahal pada sebuah kisah roman kuno, Penis berasal dalam bahasa Latin yang berarti 'ekor'. Jadi dalam kisah-kisah Yunani Kuno kata Penis banyak digunakan dalam sebutan hewan, seperti ekor kucing. Jadi kata Penis itu bukan kata yang jorok dong, setuju?

5. VAGINA
Terdambakan - Vagina ini pada dasarnya berasal dari bahasa Latin yang berarti 'selubung' atau 'sarung'. Hal ini sangat berbeda dengan ilmu biologi atau kedokteran yang mengartikan Vagina sebagai alat kelamin wanita. Coba bayangkan jika kata Vagina diartikan 'alat kelamin wanita' dalam sebuah roman Yunani Kuno yang mengisahkan anggota kerajaan Calavary selalu menggunakan
Vagina dalam peperangan.

No comments:

Post a Comment