Wednesday, February 20, 2013

8 Oleh-oleh Unik Khas dari Negara Indonesia

Terdambakan - Berdasarkan pengalaman, benda paling umum yang dibawa sebagai oleh-oleh saat bepergian itu gantungan kunci. Kalau mau bermodal, oleh-oleh wajib berikutnya adalah t-shirt. Atau, suvenir benda khas seperti ukiran.Berikut 8 Oleh-oleh Unik Khas dari Negara Indonesia:

1.Cobek
Terdambakan - Pasti tau dong alat dari batu ini, hampir semua rumah ane yakin punya, tapi emang cobek tuh nyambungnya ke indonesia aja gan, hampir semua daerah di indonesia jual cobek. 

2.Koteka
Terdambakan - Suvenir unik pertama dari Indonesia adalah Koteka. Ini adalah pakaian khas pria di Papua. Yang membuat koteka ini tampak unik adalah bentuknya kerucut kecil panjang. Biasanya, koteka digunakan pria Papua untuk menutup alat kelaminnya. 

3.Sertifikat Nol Kilometer
Terdambakan - Suvenir unik lain yang bisa agan dapat adalah sertifikat. Eits, ini bukan sertifikat biasa, tapi sertifikat yang hanya bisa didapat kalau Anda datang ke Tugu Nol Kilometer di Sabang, Aceh. Oleh karena itu, suvenir ini diberi nama Sertifikat Nol Kilometer.

Tugu Nol Kilometer adalah sebuah menara yang menjadikan patokan nol kilometer Indonesia. Tugu ini berada di pulau terbarat Indonesia, yaitu Pulau Weh, tepatnya di Kota Sabang, dan menjadi destinasi wajib setiap traveler yang datang ke Sabang.

Asyiknya, traveler yang datang ke sana tak hanya bisa mengabadikan momen lewat jepretan kamera. Wisatawan juga mendapat kenang-kenangan berupa sertifikat.

Untuk mendapatkan sertifikat ini, agan harus mendaftarkan diri dulu di kantor Dinas Pariwisata di kawasan Tugu Nol Kilometer. Kemudian, barulah dinas pariwisata memberikan sertifikat bertuliskan nama agan. Tak lupa, tercantum pula keterangan yang menjelaskan kalau Agan telah berkunjung ke titik paling barat di Indonesia ini.

4.Angklung
Terdambakan - Nah, ini dia oleh-oleh khas dari Jawa Barat, yaitu angklung. Angklung adalah alat musik Jabar yang telah diakui UNESCO sebagai salah satu warisan benda tak wujud.

Angklung pun jadi oleh-oleh wajib jika agan traveling ke tanah Sunda. Alat musik ini dijual di banyak pasar atau toko suvenir yang tersebar di Bandung dan sekitarnya. Mulai dari angklung yang benar-benar untuk alat musik, hingga gantungan kunci angklung tersedia di sana.

5.Wayang Kulit
Terdambakan - Sesuai namanya, wayang ini terbuat dari kulit. Biasanya kulit yang digunakan adalah kulit kambing atau kerbau. Kemudian, rambut yang menempel dihilangkan dan kulit pun dikeringkan. Barulah setelah itu kulit dibentuk jadi tokoh-tokoh pewayangan.

Jika ingin membawa wayang kulit sebagai oleh-oleh, traveler bisa mendapatkannya di berbagai pasar yang tersebar di Yogyakarta. Salah satunya adalah Pasar Beringharjo. Mulai dari wayang yang digunakan untuk pertunjukkan, hingga gantungan kunci wayang kulit tersedia di sini.

6.Garukan punggung
Terdambakan - Nah ini nih yang salah satu khas indonesia banget, garukan punggung, simple, tapi berguna banget terutama ketika punggung minta digaruk.

biasanya klo agan jalan2 ke daerah borobudur, jogja, pasti nemuin ini barang.

7.Ukiran
Terdambakan - Ini yang udah melegenda ke hampir seluruh dunia, UKIRAN!! daerah pembuat ukiran yang paling terkenal di Indonesia adalah kota jepara, dan bali, produk ukiran dari kedua kota ini, terutama jepara telah mencapai pasar ekspor mancanegara, dan sangat diminati oleh pencinta furniture.

8.Batik
Terdambakan - Batik saat ini sudah diakui UNESCO sebagai warisan khas Indonesia. Ada berbagai macam jenis batik, mulai dari kain batik hingga kayu batik. batik sangat populer di tanah air, kota pembuat batik yang terkenal adalah Pekalongan, Solo, Cirebon, dan masih banyak lagi, uniknya setiap kota tersebut mempunyai corak, dan pola batik yangkhas sesuai asal daerah pembuat batik tersebut.

No comments:

Post a Comment